Solusi

Riset dan Pengembangan Standar Manajemen Risiko

Pedoman Penilaian Risiko Dana Pensiun

Pengelola investasi mempunyai kewajiban dalam melakukan penilaian risiko mengingat bahwa risiko terdapat pada seluruh sisi dan aspek investasi. Kami telah membantu berbagai dana pensiun dalam pembuatan pedoman ttg penilaian tingkat risiko sesuai dengan POJK No 10/POJK.05/2014 tentang Penilaian Tingkat Risiko Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank disusun dalam rangka mewujudkan sektor jasa keuangan non-bank yang sehat dan akuntabel.

Pedoman Penilaian Risiko Dana Pensiun

Dengan adanya pedoman manajemen risiko investasi, Anda mampu mengendalikan risiko seminimal mungkin sehingga potensi kerugian yang timbul dapat dieliminasi. Kami menciptakan pedoman manajemen risiko yang telah digunakan oleh berbagai investor institusi yang juga berguna untuk membantu penyelenggaraan manajemen risiko secara efektif, terukur, serta berada pada tingkat risiko dan batasan yang dapat diterima.

Secara spesifik, tujuan penerapan pedoman manajemen risiko investasi tersebut, antara lain sebagai berikut :

  • Memberikan pedoman bagi Karyawan, Direksi, dan Pengawas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai kewenangan masing masing, baik dalam hal pelaksanaan kegiatan operasional maupun pengambilan keputusan, berkaitan dengan adanya risiko yang selalu dihadapi.
  • Memberikan keyakinan kepada Pendiri, Peserta, serta para Stakeholders lainnya bahwa Direksi dalam mengelola investasi telah dijalankan dengan profesional, menerapkan prinsip kehati-hatian, dan telah sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan kegiatan yang sehat.
  • Pengelolaan dan pemanfaatan semua sumber daya dan kekayaan dilakukan secara efektif dan efisien.
  • Mengurangi potensi kerugian dan kegagalan dalam menjalankan kegiatan, terutama dalam hal penggunaan dan pengelolaan dana.

TOP